Pembukaan BKP di Kabupaten Garut Tahun 2015

Written By: Bondan P Wibowo - Mar• 14•15

4.pembukaan BKP

(Garut, 2 Maret 2015) Praja IPDN yang melaksanakan Bhakti Karya Praja (BKP) telah sampai di Kab. Garut Jawa Barat tempat mereka melaksanakan kegiatan tersebut. Kegiatan diawali dengan Upacara Penerimaan dan Pembukaan BKP yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 2 Maret 2015 bertempat di Alun-alun Pemda Kab. Garut.
Upacara penerimaan dan pembukaan BKP dibuka oleh Bupati Garut H. Rudy Gunawan sedangkan dari IPDN oleh Rektor IPDN DR. H. Suhajar Diantoro, M.Si. Peserta Bhakti Karya Praja seluruhnya berjumlah 1450 orang. Terdiri dari praja 1365 orang, Pelaksanaan Bhakti Karya Praja dilaksanakan dari tanggal 2 s/d 31 Maret 2015.
Maksud dan tujuan bhakti karya praja adalah : Bhakti karya praja merupakan wujud implementasi Tridharma perguruan tinggi, khususnya dharma pengabdian pada masyarakat. Sedangkan tujuannya sebagai wahana berlatih bagi wasana praja dalam menerapkan teori-teori yang telah diterima dl bangku kuliah.
Program Bhakti Karya Praja untuk tahun 2015 ini terdiri atas 2 (dua) program, yaitu :
1. Program Pemerintahan, meliputi :
Penyusunan profil desa
Penyusunan administrasi desa
2. Program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) meliputi:
Bidang kesehatan
Bidang lingkungan hidup
Sosialisasi produk perundang-undangan
Promosi penyelenggaraan sekolah kepamongprajaan
Acara pokok pada apel penerimaan peserta Bhakti Karya Praja Wasana Praja IPDN di Kabupaten Garut Tahun 2015 ini adalah penyerahan seluruh personil peserta dan personil pendukung kegiatan Bhakti Karya Praja dari Rektor IPDN kepada Bupati Garut yang ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima sekaligus merupakan hari pertama dimulainya kegiatan Bhakti Karya Praja Wasana Praja IPDN di Kabupaten Garut.
Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan kerjasama pendidikan yang dilakukan oleh pihak IPDN diwakili Pembantu Rektor Bidang Akademik Prof. DR. Wirman Syafri, M.Si sedangkan dari Pemda Garut oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Garut.
Dalam sambutannya Bupati Garut berpesan bahwa kerangka meningkatkan kemampuan keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge) kita adalah melalui pendidikan dan pelatihan. Oleh karena itu, seluruh Praja harus  mengikutih proses BKP dengan baik, disiplin dan ikhlas.  Diharapkan Wasana Praja yang melaksanakan BKP tersebut dapat menjalankan kegiatan tersebut dengan baik dengan mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat di kampus dengan fakta yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>